Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Cara Membetulkan Resleting

Cara Membetulkan Resleting

Diposting pada 7 Februari 2019 oleh Segaleri Market

Cara membetulkan resletingCara Membetulkan Resleting – Berbagai permasalahan hendak dialami ketika kita sedang berpakaian. Salah satunya permasalahan resleting yang rusak. Resleting yang rusak ini hendak mengganggu penampilan kita, apalagi ketika akan bepergiaan dengan waktu yang mendesak. Kerusakan resleting ini tentunya membuat kita jengkel.

Berbagai permasalahan dari resleting yang rusak ini tentunya sangat beragam pada pakaian maupun tas. Permasalahan yang biasa terjadi pada resleting baik itu baju, celana, maupun tas yang tidak bisa menutup, tidak bisa mengunci, tidak mau menyatu, ataupun yang sudah dol. Kendala ini banyak kita jumpai pada pakaian kita.

Nah sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membetulkan resleting. Apalagi jika kalian malas keluar rumah untuk pergi ke tukang jahit. Selain bisa menghemat biaya, kegiatan membetulkan resleting ini juga merupakan olahraga otak.

Cara Membetulkan Resleting Tidak Mau Menutup

Masalah resleting tidak mau menutup memang umum terjadi, biasanya resleting jaket dan tas yang sering mengalami masalah ini. Biasanya disebabkan oleh barang bawaan yang terlalu banyak. Untuk mengatasi resleting tidak bisa menutup pada tas usahakan barang bawaan tidak terlalu menumpuk di dalam tas.

Ketika resleting yang tidak bisa menutup pasti kita mengira bahwa resleting tersebut tidak bisa diperbaiki. Tetapi, resleting ini hanya rusak dan dapat diperbaiki kembali. Cobalah beberapa cara membetulkan resleting tidak mau menutup berikut:

1. Gigi resleting kotor

Resleting yang tidak mau menutup bisa disebabkan oleh gigi resleting yang kotor. Bersihkan gigi resleting dengan membuat larutan air dan sabun cuci piring. Kemudian, ambil lap bersih celupkan ke dalam larutan air sabun dan gosokan pada gigi resleting. Bilas dengan lap bersih yang sudah dibasahi dengan air.

2. Gigi resleting bengkok

Resleting yang tidak mau menutup juga biasanya disebabkan karena gigi resleting yang bengkok. Caranya dengan menggunakan tang, luruskan gigi resleting yang bengkok. Kemudian coba buka tutup resleting untuk mengetes hasil perbaikan. Ataupun bisa mengencangkan slider dengan menggunakan tang.

Cara Memperbaiki Resleting Tas Yang Sudah Dol

Untuk membetulkan resleting tas yang sudah dol ini ada beberapa cara. Supaya kalian tidak jengkel ketipa ada masalah resleting yng sudah dol. Mari simak tips berikut ini.

  1. Gunakan lotion untuk memperhalus kulit yang sering digunakan oleh wanita. Namun, kegunaannya berbeda, lotion yang akan digunakan ini fungsinya untukmemperbaiki resleting yang dol. Caranya cukup mengoleskan lotion dibagian resleting dan Tarik secara perlahan.
  2. Gunakan crayon yang sering digunakan anak-anak menggambar. Caranya kalian tinggal menggosokan crayon dibagian resleting dan Tarik secara perlahan.
  3. Gosokkan lilin ke jalur atau rel resleting, kemudian cobalah untuk membuka dan menutuo resleting tersebut secara berulang-ulang.
  4. Oleskan petroleum jelly pada gigi resleting menggunakan bantuan cooton bud. Oleskan ke bagian yang rusak dan coba Tarik secara perlahan.
  5. Kalian bisa menggunakan tang penjepit dengan cara mengencangkan penjepit pada sisi kiri dan kana kepala resleting. Jangan terlalu keras saat menekan resleting karena resleting bisa rusak.

Cara membetulkan resleting yang sudah dol

Cara Memperbaiki Resleting Tas Yang Tidak Mau Menyatu

Cara membetulkan resleting yang tidak mau menyatu

Untuk masalah resleting yang tidak mau menyatu pada tas sudah pasti penyebabnya terlalu banyak barang yang ada di dalam tas. Beban yang banyak di dalam tas menyebabkan giginya merenggang. Bukan hanya pada tas, masalah resleting yang tidak mau menyatu juga sering terjadi pada celana. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ukuran tas atau celana terlalu kecil. Berikut ini cara membetulkan resleting tas yang tidak mau menyatu dan bisa di aplikasikan untuk cara memperbaiki resleting celana yang tidak mau menyatu.

1. Kurangi tekanan pada risleting.

Jika dompet, tas, atau ransel penuh dengan benda, tekanan pada resleting bisa menyebakan giginya merenggang. jika resleting terpisah pada tas atau pakaian, itu menandakan ukurannya yang terlalu kecil.

  • Kurangi jumlah barang dalam tas. Keluarkan isi dompet, tinggalkan beberapa buku di rumah atau pindahkan sebagaian barang pada tas atau ransel lain.jika isi tas sudah dikurangi risleting bisa bergerak lancar.
  • Jika anda mencoba pakaian baru di toko, belilah yang ukurannya satu tingkat di atasnya. Jika ada pakaian dengan resleting terpisah di lemari besarkan ukuran pakaian tersebut.

2. Hilangkan kotoran yang menumpuk pada gigi resleting.

Jika ada resleting yang menumpuk pada gigi, maka resleting tidak mau menutup. Campurkan air dan sabun di piring kecil, aduk hingga timbul busa. Basahi lap bersih dengan air sabun tersebutdan sekalah gigi resleting. Ambil lap bersih dan basahasi di bawah air mengalir. Sekalah air sabun pada gigi resleting dengan lap lembab tersebut. Coba untuk membuka da nm menutup resleting seperti biasa.

3. Luruskan gigi resleting yang bengkok.

Gigi resleting yang bengkok bisa membuat resleting terbuka dan tidak mau menyatu. Untuk meluruskan gigi yang bengkok, maka lat yang diperlukan adalah pinset atau tang untuk menarik gigi tersebut agar lurus. Berhati-hatilah agar tidak menarik gigi keluar dari pita resleting agar tidak terjadi seperti gambar berikut.

Cara membetulkan resleting yang tidak mau menyatu

Anda juga bisa membetulkan resleting yang tidak mau menyatu dengan cara seperti video di bawah ini:

Baca Juga : Cara memperbaiki tas yang terkelupas

Cara Memperbaiki Resleting Yang Rusak Pada Tas

Kerusakan pada resleting memang bermacam macam. Cara memperbaiki resleting yang rusak pada tas juga berbeda beda. Jika resleting benar benar rusak dan tidakn bisa diperbaiki, sudah saaatnya kalian menggantinya dengan yang baru. Sebelum kalian memperbaiki kerusakan, ada baiknya kalian mencermati langkah langkahnya sebagai berikut.

  1. Bedakan kerusakan resleting yang anda alami. Jika resleting hana macet / tidak bisa buka tutup Anda hanya perlu mengolesi gigi resleting dengan lilin, menggosok dengan pensil, atau menggunakan grafit.
  2. Hindari penggunaan grafit pada resleting berwarna putih atau terang karena dapat memperburuk tampilan resleting.
  3. Bawalah ke penjahit pakaian jika anda tidak bisa memperbaiki resleting sendiri. Pada dasarnya memperbaiki resleting yang rusak bisa dilakukan sendiri namun buth kesabaran dan keterampilan menjahit untuk membenahi resleting yang rusak.

Cara Memperbaiki Resleting Yang Tidak Mau Mengunci

Permasalahan resleting yang tidak mau mengunci sering terjadi pada pakaian anda. Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan. Namun kebanyakan orang jika menemukan resleting yang tidak mau mengunci langsung menggantinya dengan yanag baru. Namun alangkah baiknya jika sobat mengaplikasian cara memperbaiki resleting yang tidak mau mengunci.

Coba rapatkan kembali bagian belakang / bagian pengunci atau yang disebut bagian kepala resleting dengan tangan atau menggunakan tang. Kalian bisa menekannya pelan-pelan dan jangan terlalu rapat dan tidak seret resletingnya.

Cara membetulkan resleting yang tidak mau menyatu

Cara Memperbaiki Resleting Yang Macet

Resleting yang macet banyak dialamai oler orang-orang. Bahkan saya sendiri pernah mengalami hal yang demikian. Nah kejadian ini biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada resleting yang menyebabkan bagian kepala sulit bergerak.

Namun, kalian jangan panik sobat. Cara membetulkan resleting yang macet adalah dengan melicinkannya. Telah kita bahas dibagian atas, bahan bahan ini bisa kalian coba untuk melicinkan resleting. Lilin, ujung pensil dan sabun merubakan bahan yang bisa kalian gunakan. Langkah memperbaikinya hanya dengan mengoleskan lilin ke gigi gigiresleting. Kemudian cobalah menggeserkan kepala resleting.

Jika resleting masih macet bisa menambahkan gosokan lilin. Meskipun terbukti dapat melicinkan alahkan baiknya tidak menggunakan bahan yang berbentuk minyak cair. Minyak biasanya lengket dan berbau. Jika mulai terasa macet maka segeralah melicinkannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Banyak oranng yang saat terasa macet malak mamaksakan untuk menariknya, hasilnya kerusakan tersebut malah lebih parah.

Itulah beberapa cara membetulkan resleting yang mengalami permasalahan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mengalami kendala pada resleting barang-barang yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Cara Membetulkan Resleting kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Membetulkan Resleting | Segaleri Market

Belum ada komentar untuk Cara Membetulkan Resleting

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 105.336
Ready Stock / NNC 441
SIDEBAR